Memiliki tempat tinggal yang layak dan nyaman adalah impian bagi semua orang. Namun untuk memiliki hunian pada jaman sekarang ini memang cukup sulit.

Disamping harganya yang mahal serta lahan yang semakin terbatas membuat sebagian masyarakat  mengincar hunian vertikal atau biasa di sebut apartemen.

Terutama pada tipe studio yang dimana tipe ini paling diminati banyak orang karena harga apartemen dengan satu ruangan menjadi satu ini lebih murah dibandingkan dengan tipe lainnya.

Apa sih pengertian dari apartemen studio itu ?

Nah,  apartemen studio ini merupakan salah satu unit apartemen murah dengan luas 18-21 meter persegi dan  biasanya jika diluar negeri biasa dikenal dengan sebutan flatflat studio dan  bachelor’s flat.

Jika di Indonesia, apartemen tipe studio ini lebih dikenal dengan desain dan konsep yang lebih eksklusif bagi mahasiswa maupun karyawan yang belum berkeluarga.

Sesuai dengan ukurannya yang mungil, tipe studio ini juga dapat menawarkan berbagai keuntungan bagi pemiliknya.

Keuntungan lainnyanya dari sisi perawatan yang mudah karena ukuran apartemen yang tidak terlalu luas. Jadi bisa meringankan beban Anda saat membersihkan sendiri ruangan tersebut.

Apartemen tipe studio ini sebenarnya hanya suatu ruangan yang memiliki kamar tidur, kamar mandi, dapur yang menjadi satu ruangan sehingga jika penataanya tidak apik maka akan terlihat lebih sempit. Untuk mensiasatinya agar terlihat lega bisa dengan memaksimalkan tempat yang tersedia.

Nah, bagaimana memaksimalkan ruang apartemen studio agar terlihat luas dan elegan? Simak ulasannya dibawah ini :

Menggunakan Konsep Menzzanine

Kata dari Mezzanine ini sebenarnya berasal dari bahasa italia yaitu Mezzanine yang berarti tengah. Jadi arti dari mezzanine ini adalah lantai tambahan yang berada diantara lantai dasar dan atas.

Konsep ini menjadi populer pada rumah-rumah dan apartemen modern di luar negri. Mezzanine ini sering ditemukan pada rumah dengan langit-langit yang tinggi dan juga pada apartemen studio yang menginginkan lantai tambahan.

Syarat yang dibutuhkan untuk membuat konsep tengah ini, setidaknya apartemen tipe studio yang dimiliki harus mempunyai jarak antara lantai dengan plafon minimal 3 meter. Dengan begitu Anda bisa membangun ruang baca , tempat tidur tambahan maupun area bersantai.

Maksimalkan setiap sudut ruangan

Kunci utama yang harus di ingat pada saat Anda mulai mendekor ruang apartemen studio adalah maksimalkan setiap sudut ruangan Anda. Namun, sudut ruangan sering kali membuat bingung dengan bagaimana pengaturan dan penataan yang tepat.

Sebenarnya Anda cukup dengan memanfaatkan beberapa furnitur sederhana dan tidak besar. Seperti pada spot bersantai di salah satu ruangan, Anda bisa hanya menggunakan karpet tebal yang menempel pada area sudut ruangan lalu beri bantal-bantal dalam berbagai bentuk dan ukuran. Lalu sandarkan bantal pada dinding untuk menjaga posisi leher agar tetap nyaman saat berbaring.

Pencahayaan dan sirkulasi udara

Gunakan pencahayaan yang tepat untuk menyesuaikan fungsi yang Anda inginkan.

Jika perlu tambahkan pengontrol lampu ruangan antara ruangan tersebut dengan lantai bawah, agar lebih praktis jika pada saat tidak dipakai bisa mematikannya sewaktu-waktu.

Ada baiknya juga pada saat suhu ruangan menjadi panas,  Anda bisa memasang insulator dan membuat mezzanine terbuka dengan membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Berikan jarak antara rangka konstruksi dengan dinding agar dapa menjaga kelancaran sirkulasi udara dan mengurangi hawa panas.

Pandai melihat celah kosong pada ruangan

Berbeda dengan pemanfaatan pada sudut ruangan, kali ini untuk memaksimalkan ruangan pada apartemen studio Anda diharuskan pintar dalam melihat celah kosong di setiap ruang. Karena tujuannya agar tidak satupun ruang yang mubazir atau tidak digunakan.

Persepsi Anda salah jika tidak ada celah kosong maka ruangan Anda akan terlihat penuh. Justru dengan memaksimalkan ruangan yang masih tersedia Anda akan terhindar dari penumpukan beberapa perabotan yang dimana apartemem Anda akan terlihat semakin penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *