Rumah Pertama adalah hal yang terasa begitu berharga untuk dibeli. Terutama jika Anda harus bekerja susah payah terlebih dahulu untuk mengumpulkan uangnya, membeli rumah pertama tentu terasa begitu membanggakan dan mengharukan. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat akan membeli hunian Anda yang pertama. Sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan berbagai pertimbangan di bawah ini sebelum membeli rumah:

Kebutuhan Keluarga

Bagaimana mungkin Anda bisa membeli sesuatu jika tidak mengetahui apa yang sebenarnya Anda butuhkan? Hal itu juga termasuk dalam hal membeli rumah. Cari tahu apa-apa saja yang Anda dan keluarga butuhkan untuk tempat tinggal. Berapa jumlah kamar yang diperlukan? Apakah Anda perlu garasi mobil yang luas? Apakah Anda ingin ada taman yang luas untuk berkebun? Sebaiknya Anda diskusikan dahulu dengan seluruh anggota keluarga untuk menentukan apa-apa saja yang dibutuhkan sebelum membeli rumah.

Lokasi dan Akses

Lokasi rumah adalah hal yang sangat krusial untuk dijadikan pertimbangan. Hal ini utamanya berhubungan erat dengan akses dan harga rumah. Rumah yang terletak di pusat kota tentu akan memudahkan Anda untuk pergi kemana-mana. Tapi, harga tanahnya tentu akan sangat mahal. Sebaliknya rumah yang terletak di daerah pinggiran mungkin akan menyita waktu Anda setiap kali akan bepergian karena jarak tempuh yang jauh, belum lagi jika sampai terjebak macet. Tapi di sisi lain, rumah seperti ini tentu lebih murah.

Lingkungan

Anda juga perlu memperhatikan dan mencari tahu lebih dalam tentang kondisi lingkungan dari rumah yang akan Anda beli. Membeli rumah di Jakarta perlu memastikan bahwa rumah tersebut tidak terdapat pada area yang rawan banjir, sehingga Anda tidak akan kerepotan saat musim hujan nanti. Lingkungan juga harus aman dari kasus pencurian, perampokan, tawuran antar warga, dan hal-hal buruk lainnya.

Fasilitas dan Amenitas di Sekitar

Rumah yang nyaman adalah yang dekat dengan berbagai fasilitas dan amenitas. Rumah sakit, mesin ATM, dan supermarket adalah hal-hal yang wajib ada tidak jauh dari rumah yang akan Anda beli. Lebih menyenangkan lagi kalau rumah Anda berada dekat dengan mall, restoran, atau tempat hiburan favorit. Jadi pastikan Anda tahu apa saja fasilitas sekitar calon rumah Anda sebelum membeli rumah itu.

Harga yang Sepadan dan Skema Pembayaran

Lakukan survey ke beberapa rumah dengan harga yang setara. Dari situ, Anda bisa membandingkan rumah mana yang paling worth it. Selain cocok dengan harganya, Anda juga perlu mempertimbangkan skema pembayarannya, terutama jika Anda membelinya dengan sistem KPR. Karena, harga total yang harus Anda bayarkan bisa jadi jauh lebih banyak jika Anda tidak membayarnya dengan hard cash. Sekali lagi, Anda harus cermat untuk mengambil keputusan yang worth it.

Spesifikasi Material

Banyak orang cenderung cuek terhadap jenis material yang digunakan untuk membangun rumahnya. Padahal, hal ini sangatlah krusial. Misalnya, rumah yang berdinding batu bata tentu lebih kokoh daripada yang hanya menggunakan batako. Lantai yang diberi pelat beton lebih awet daripada lantai yang hanya disemen dan dikeramik biasa. Rangka atap baja ringan lebih baik daripada kuda-kuda kayu. Dan lain sebagainya. Jadi ingatlah untuk menanyakan bahan yang digunakan untuk membangun bangunannya sebelum membeli rumah itu!

Desain

Tampilan rumah biasanya mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Oleh sebab itu, Anda harus mencari rumah yang desainnya cocok dengan selera Anda. Orang yang berjiwa terbuka biasanya lebih suka dengan rumah yang memiliki banyak jendela dan dinding kaca. Ada lagi orang yang menyukai rumah dengan desain semi tradisional. Maka wajar saja jika banyak calon pemilik rumah yang menyewa jasa arsitek untuk memastikan desain rumahnya sesuai dengan kepribadiannya sendiri.

Kemungkinan di Masa Depan

Rumah adalah investasi jangka panjang. Sehingga saat akan membelinya, Anda harus dapat membayangkan apa yang kira-kira akan Anda lakukan pada rumah tersebut. Apakah Anda akan menjualnya dan membeli rumah di kota lain? Apakah Anda berencana menambah beberapa kamar lagi jika Anda sudah memiliki anak? Ataukah Anda berniat untuk merawatnya seumur hidup dan mewariskannya ke anak Anda? Kemungkinan-kemungkinan ini juga sebaiknya dipikirkan dan dipersiapkan sebelum membeli rumah agar tidak repot di kemudian hari.

Kesehatan Rumah

Sebagai tempat tinggal, tentu rumah harus berada dalam kondisi yang dapat mendukung kesehatan Anda. Perhatikan sistem drainase dan pengolahan limbahnya sebelum membeli rumah, apakah semuanya lancar dan sistemnya bagus? Setiap kamar harus memiliki ventilasi dan jendela yang cukup agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk dengan baik. Lingkungan sekitar juga sebaiknya tidak kumuh dan selalu terjaga kebersihannya.

Rata-rata orang akan jadi sangat bersemangat ketika akan membeli rumah pertama mereka. Hal itu memang wajar saja. Namun, jangan sampai semangat tersebut membuat Anda buta dan gagal membuat pertimbangan yang bijak dan teliti. Ingat untuk pertimbangkan hal-hal di atas sebelum membeli rumah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *